Sabtu, 27 November 2010

Masyarakat Kota dan Masyarakat Desa

Masyarakat Desa dan Masyarakat Kota


Masyarakat Kota pada umumnya mereka cenderung sendiri – sendiri,mereka terkadang tidak mengenal satu sama lain,walau rumah mereka jaraknya tidak jauh atau berdekatan.Dan pada masyarakat kota dalam kegiatan tolong – menolong,gotong royong dan kegiatan lainnya dalam bersosialisasi sudah mulai pudar bahkan mungkin tidak ada sama sekali.Kemungkinan ini terjadi,karena masyarakat kota dalam menjalankan aktivitas atau kegiatan sehari – hari,lebih nyaman melakukan aktifitasnya sendiri, atau disebabkan karena mereka sudah sibuk dengan pekerjaan masing – masing. Karena mayoritas masyarakat kota bekerja sebagai pegawai kantor, jadi mereka tidak ada kesempatan untuk bersosialisasi dengan para tetangganya.

 
Gambar Masyarakat Kota


Masyarakat Desa Masyarakat Desa masyarakat yang kehidupannya masih banyak dikuasai oleh adat istiadat lama. dan dalam berkehidupan sehari – hari selalu bersama - sama atau bergotong royong dan mereka memiliki hubungan yang begitu erat dan begitu mendalam Karena mereka merasa satu sama lain saling membutuhkan dan mereka merasa, mereka adalah mahluk sosial yang membutuhkan pertolongan orang lain dimana mereka membutuhkan pertolongan orang lain. Alat komunikasi sangat kurang sehingga komunikasi yang berkembang cenderung sangat sederhana. Biasanya mereka hidup berkelompok dan mayoritas bermata pencaharian petani. Pekerjaan di luar pertanian hanya sekedar sampingan, meskipun ada pula sebagian kecil yang berstatus pegawai negeri, TNI, POLRI, maupun karyawan swasta, namun persentasenya relatif kecil.















Gambar Masyarakat Desa

Perbedaan masyarakat kota dan masyarakat desa
Masyarakat kota memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a.Terdapat beberapa variasi pekerjaan.
b.Penduduknya padat
c.Norma-norma yang berlaku tidak terlalu mengikat.
d.Kurangnya kontrol sosial dari masyarakat karena sifat gotong royong mulai menrun.


Masyarakat desa memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a.Jumlah penduduk tidak terlalu padat
b.Kontrol sosial masih tinggi.
c.Sifat gotong royong masih kuat
d.Sifat kekeluargaannya masih ada.
Perbedaan masyarakat kota dan desa misalnya dalam pembangunan rumah,biasanya kalau masyarakat kota dalam pembangunan rumah dia lebih suka membayar tukang untuk membangun rumahnya, berbeda dengan masyarakat desa mereka jika membangun rumah lebih suka bergotong royong. Hubungan sosial kemasyarakatan di desa dalam satu desa antara satu RT atau RW terjadi saling mengenal, sedangkan di kota sudah mulai hilang hubungan sosial kemasyarakatannya misalnya antara satu RT dengan RT yang lainnya pada umumnya tidak saling mengenal.
Secara agama perbedaan masyarakat kota dengan masyarakat desa terletak pada imannya, biasanya masyarakat desa mayoritas tidak mengetahui permasalahan dan perkembangan zaman , kesederhanaan yang selain nampak pada keseharian masyarakat desa sehingga aktifitas ibadah haruslah mereka kerjakan dan menunda kegiatan mereka saat waktu ibadah tiba pada saat itu juga, berbeda dengan masyarakat kota dimana mereka telah mengetahui perkembangan zaman, dimana pergaulan modern, kebiasaan yang berbeda dengan masyarakat desa sehingga mereka terkadang lupa atau dengan sengaja menghiraukan ibdah mereka meski itu wajib.
Secara hukum masyarakat desa mayoritas taat pada hukum yang berlaku didaerah mereka karena biasanya ditiap desa memiliki adat istiadat yang berbeda dan harus mereka ikuti sajak dulu dan turun temurun dari nenek moyang, sehingga mereka sudah terbiasa hidup taat hukum walaupun mereka berada di tempat yang berbeda, berbeda dengan masyarakat kota yang telah mengenal uang untuk membebaskan diri dari hukum yang berlaku.
Secara budaya yaitu masyarakat kota biasanya lebih menyukai budaya luar (modern) dibandingkan dengan budaya asli mereka, berbeda dengan masyarakat desa, dimana mereka lebih menyukai budaya mereka sendiri karena mereka sulit untuk menerima budaya luar karena mereka secara adat istiadat mempertahankan budaya mereka agar tidak hilang maka oleh sebab itu budaya mereka tetap terjaga.
Kesimpulan : Pada intinya kehidupan masyarakat kota dengan desa berbeda dan terlihat pada intelektual dan cara pikir mereka masing – masing, sehingga kehidupan sosial, agama, budaya dan hukum mereka berbeda.


Daftar Pustaka
 http://41215c4l177.wordpress.com/2009/11/19/perbedaan-antara-masyarakat-desa-dan-masyarakat-kota/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar